Kopi Cafe News - Fakta menarik dari Bunga Rafflesia atau Bunga Bangkai

Fakta menarik dari Bunga Rafflesia atau Bunga Bangkai
@Bunga Rafflesia Arnoldii
Unik - Bunga Rafflesia atau di indonesia sering disebut dengan Bunga Bangkai adalah bunga yang memiliki bentuk besar atau bisa dikatakan sejenis tanaman raksasa yang hidup di hutan hujan tropis Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri bunga ini cukup terkenal dikalangan muda mudi indonesia. Bahkan pertama kalinya pernah gempar ketika ada seorang anak muda menjumpai tanaman raksasa ini dikampung halamannya.

Meskipun demikian, ternyata tidak semua orang tahu apa sih fakta-fakta dari Bunga Bangkai atau Bunga Rafflesia ini. Berikut kami ingin memberikan sedikit fakta tentang bunga yang satu ini.

1.Bunga Bangkai ternyata bukanlah tanaman pemakan Bangkai

Awalnya banyak sekali yang mengira bau busuk yang dikeluarkan oleh bunga ini adalah hasil dari apa yang dia makan. Banyak yang mengatakan kalau bunga bangkai memakan serangga-serangga. Padahal, Bunga Bangkai ini mengeluarkan aroma bangkai yang biasanya dikeluarkan oleh hewan mati demi untuk memancing lalat-lalat datang dan membantunya melakukan penyerbukan antara putik dan benang sari. Dikarenakan bunga ini diketahui sangat sulit melakukan pembuahan dan hanya bisa bertahan hidup dalam waktu 7 hari.

2.Bunga Rafflesia itu ternyata memiliki berbagai jenis
Banyak anak sekolah yang diajarkan oleh para pengajar mereka bahwa bunga rafflesia ini hanya memiliki 1 garis keturunan atau 1 jenis. padahal faktanya dilapangan bunga ini memiliki 27 macam jenis. Bunga Rafflesia raksasa biasanya memiliki ukuran yang cukup besar yakni berdiameter lebih dari 1 meter dengan berat mencapai kurang lebih 10 kilogram, sedangkan Bunga Rafflesia terkecil memiliki diameter 20 cm dan sangat ringan.

3.Bunga Rafflesia ini ditemukan oleh seorang pemandu
Banyak yang mengatakan jika bunga ini ditemukan oleh deputi gubernur bernama Sir Stamford Rafflesia, padahal sebenarnya tumbuhan ini ditemukan oleh seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold pada tahun 1818 yang lalu. Dr. Joseph Arnold ini adalah seorang peneliti yang pada kala itu sedang meneliti didaerah Bengkulu, Pulau Sumatera, Indonesia.

4.Bunga Rafflesia masuk dalam jenis tumbuhan Parasit
Bunga Rafflesia yang memiliki ukuran besar sering kali membuat orang berpikir bahwa dirinya tumbuh dan berakar diatas tanah. Padahal sejatinya dia adalah sejenis tumbuhan parasit yang selalu menempel pada inangnya yang bersifat merambat. Bunga ini merupakan sejenis tanaman yang tidak memiliki daun, sehingga sangat tidak dimungkinkan untuk melakukan fotosintesis. Jadi disaat induk tumpangannya mati, dia juga akan ikut mati.

Semoga dengan begitu sudah pada tahu ya sedikit fakta dari bunga rafflesia atau bunga bangkai ya. Jangan lupa share ya...

0 komentar:

Posting Komentar